Siapa Aku ?

 

 

Aku.dutadamai.id merupakan hasil karya Duta Damai Dunia Maya 2017 yang diselenggarakan oleh BNPT. Web ini terbentuk pada 11 April 2017, di Hotel Four Points Jalan Ir. H. Djuanda No. 46 Bandung. Terlahir atas pemikiran 12 orang yang terdiri dari bidang Blogger, IT dan DKV. Website ini berisi informasi tentang kontra propaganda terhadap radikalisme dan terorisme di dunia maya atau biasa disebut dengan cyber-terorism.

Saat ini keamanan dan pertahanan NKRI sedang diguncang dan dikikis perlahan-lahan dengan paham-paham radikalisme yang berkembang di media sosial. Bagi masyarakat Indonesia, media sosial merupakan alat yang sangat menguntungkan, baik untuk bisnis, relasi terutama propaganda paham radikal.

Namun pemerintah dinilai salah dalam mengambil langkah memerangi radikalisme, gerakan radikal di dunia maya tidak akan hilang jika hanya sekedar diblokir atau dihapus. Ibarat rumput yang hanya disabit daunnya, selama ia masih memiliki akar ia akan tetap terus menumbuhkan daun, bahkan lebih subur. Seperti halnya website-website yang telah diblokir pemerintah hanya akan menumbuhkan website-website baru dan akan lebih banyak, bahkan mengganti nama websitenya untuk menghindari pemblokiran selanjutnya.

Adanya aku.dutadami.id akan mendorong segala jenis propaganda radikal sedikit-demi sedikit yakni menguburnya dengan kontra-propaganda (konten positif). Dengan memunculkan dan mengembangkan konten positif di dunia maya, konten-konten negatif akan dengan sendirinya ditinggalkan oleh pembaca, dan dengan begitu, pemberantasan cyber-terorism tercapai dengan sukses.

Dalam aku.dutadamai.id tidak hanya artikel ataupun berita yang menjadi senjata, namun juga meme, motion grafis, video-video anti terorisme, komik strip dan masih banyak lagi. Selain konten positif, aku.dutadamai.id juga aktif berinteraksi secara maya dengan pembaca setianya di berbagai akun sosial media dan berencana membuat kuis, lomba, maupun challenge secara berkala. Untuk memperkuat jaringan perdamaian aku.dutadamai.id juga bekerjasama dengan komunitas perdamaian di seluruh Indonesia.

Dengan hadirnya aku.dutadamai.id yang bertagline “Dariku untuk Indonesia” ini, kami berharap dunia maya Indonesia akan semakin damai, karena perdamaian Indonesia itu perdamaian dunia maya.