Idul Adha, Momentum Spirit Persatuan dan Kesatuan

0
174

Spirit Idul Adha seyogyanya dijadikan momentum untuk meneladani sifat yang dicontohkan Nabi Ismail kepada Nabi Ibrahim. Disana teradapat sifat yang perlu ditiru, ketulusan dan kerelaan yang luar biasa, seorang anak yang patuh terhadap bapaknya.

Simbolisme menyembelih kurban, sejatinya bukan dilihat sebatas penyembelihan nya saja, tetapi jauh dari pada itu harus kita pahami, didalamnya terdapat makna yang paling mendalam, yaitu keikhlasan dan kepasrahan hati.

Semangat berkurban dan membagi-bagikan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan, pelajaran berharga ini harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Solidaritas dan kepekaan sosial yang selama ini kendor, dengan momentum ini harus lebih semangat dalam membangun Indonesia yang damai dalam bingkai NKRI.

Dalam konteks saat ini, kelogowan dan kepasrahan hati sudah makin langka, hal itu terbukti dari banyaknya pejabat yang korup, menyalahgunakan wewenang hanya untuk mengambil keuntungan semata, tanpa memedulikan rakyat yang telah bersusah payah memilihnya untuk menjadi wakil rakyat.

Namun, keserakahan menghinggapi hatinya, hingga lupa bahwa jabatan yang diembannya itu amanah, amanah yang wajib dijaga dengan penuh ketulusan dan kerelaan mengabdi kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

Disamping itu pula, tentunya kita semua masih ingat, fenomena Saracen yang mengerdilkan rasa persatuan dan kesatuan kita, memproduksi konten hoax dan menyebarkan kepada khalayak, tanpa mempertimbangkan akibat dari penyeberan isu hoax.

Keserakahan dan penyebaran hoax merupakan tindakan yang jauh dari spirit Idul Adha, sifat tersebut mengganggu semangat persatuan dan kesatuan, mengganggu keberagaman dan kebhinnekaan yang selama ini kita pupuk bersama. Oleh karena itu, momentum Idul Adha ini harus betul-betul dijadikan pijakan, agar kita dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan kepada kita semua betul-betul penuh keikhlasan dan ketulusan.

Dewasa ini, sifat ketulusan dan kepasrahan hati sangat dibutuhkan. Untuk itu, mari kita gaungkan kembali spirit Idul Adha ini dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup kita.