Subdit Pengamanan Lingkungan Matangkan SOP Tempat Ibadah Sebelum di Sosialisasikan

0
165

Jakarta – Tempat ibadah selama ini juga tidak luput dari aksi terorisme. Beberapa waktu lalu, dibeberapa daerah telah terjadi penyerangan, perusakan dan pembakaran, bahkan peledakan tempat ibadah yang dilakukan oleh kelompok radikal yang dapat dikategorikan sebagai sebuah tindakan teror. Hal tersebut dikarenakan telah menyebabkan situasi menjadi mencekam dan membuat takut masyarakat di daerah tersebut.

Kejadian penyerangan, perusakan dan peledakan pernah terjadi di Gereja St. Yosep Medan, pembakaran tempat ibadah yang terjadi di Kelenteng Dewa Samudera Tanjung Balai Medan, Penyerangan Gereja di Kab. Sleman DIY, dan beberapa Provinsi lainnya seperti peledakan bom di gereja Oikumene Samarinda.
Masjid pun juga demikian, tidak luput dari serangan teror, sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu terjadi penyerangan bom bunuh diri di masjid adzikra komplek kantor Polres Cirebon, dan pada masa lalu, masjid Istiqlal di Jakarta pernah diancam dengan bom.
Yang terbaru yakni beberapa hari setelah perayaan Idul Fitri tepatnya Jumat (30/6/2017) lalu seseorang yang diduga beralifiasi ke jaringan kelompok teroris ISIS melakukan penyerangan terhadap dua anggota Polri yang baru saja melaksanakan sholat isya di masjid Falatehan, Jakarta yang berlokasi di dekat Mabes Polri.
Dalam menyikapi aksi terorisme yang dilakukan oleh jaringan kelompok terorisme di tempat ibadah tersebut membuat Direktorat Perlindungan pada Kedepuriamn I di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merasa perlu menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Keaamanan Lingkungan Tempat Ibadah dalam menghadapi ancaman terorisme.
Usai dilakukan penyusunan database pada tempat ibadah dan menyusun draft SOP, Subdit Pengamanan Lingkungan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Sosialisasi (SOP) Sistem Keaamanan Lingkungan Tempat Ibadah dalam menghadapi ancaman terorisme. Rakor tersebut digelar di Hotel Grand

Baca Artikelnya di web ini : https://damailahindonesiaku.com