“Salam Damai” Menggema di Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017

0
143

Direktur Pencegahan BNPT Kol. Pas. Drs. Hamidin saat memberikan sambutan. (sumber: dok. Panitia)

BANDUNG, aku.dutadamai.id – Semarak salam perdamaian menggelegar di Ballroom Four Points Hotel, Jl. Ir. Juanda No. 46 Bandung, dalam pembukaan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017. “Damai Indonesia!”, seru Direktur Pencegahan BNPT Kol. Pas. Drs. Hamidin dan dijawab serempak, “Damai, damai, damai!” oleh 60 pemuda Bandung yang siap menyebarkan virus perdamaian di Indonesia.

Kemeriahan ini menjadi bukti tingginya semangat anak muda di Kota Kembang meski acara pembukaan dilaksanakan malam hari. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini mengemban misi mencetak generasi penangkal upaya radikalisme dan terorisme yang makin marak di dunia maya.

“Duta Damai Dunia Maya ini untuk membentuk generasi muda sebagai agen perdamaian, membentuk generasi muda agar tidak mudah terpapar radikalisme,” kata Kasubdit Pengawasan dan Kontra Propaganda BNPT, Sujatmiko, pada Senin (10/4/2017).

Ia menambahkan, generasi muda dan dunia maya menjadi hal penting yang perlu dibidik. Dalam kondisi saat ini, keduanya memegang peran penting dalam distribusi informasi, termasuk berkaitan  dengan radikalisme dan terorisme yang berkeliaran di dunia maya.

Peserta akan mengikuti pelatihan selama 4 hari dengan berbagai materi tentang terorisme, radikalisme, propaganda, hingga praktik membuat produk media yang akan menjadi “senjata” Duta Damai. Sebelumnya, mereka terpilih berdasar seleksi administrasi dan interview pada pertengahan Maret lalu. Selain Bandung, masih ada 6 kota di provinsi lain yang akan digarap BNPT untuk menumbuhkan tunas-tunas pasukan deradikalisme di Indonesia.

 

Penulis: Dhilla Nuraeni

Editor: Damae