Dari ‘Bonding’ Sampai Diskusi ‘Panas’, Ini Keseruan Pelatihan Duta Damai Bandung 2017

0
175

Peserta Pelatihan Duta Damai sedang bermain Silent Voice. (sumber: dok. Panitia)

BANDUNG, aku.dutadamai.id – Dimulai dengan games “bonding”, keseruan pelatihan Duta Damai Indonesia berakhir “panas” hingga jelang tengah malam, pada Selasa (11/4/2017). Diskusi yang membahas pembentukan tim redaksi media kelompok dan konsep konten media ini menjadi output dari pelatihan yang akan dipresentasikan di hadapan Kepala BNPT pada penutupan acara.

Sebanyak 60 peserta berpartisipasi aktif dalam semua rangkaian acara. Mulai keseruan games Silent Voice, Train To Bussan, Find Your Name, dan yel-yel kelompok. Sampai adu argumen mengenai nama media yang akan menjadi wadah kreasi Duta Damai dalam memerangi terorisme di dunia maya.

Suasana Ballroom Hotel Four Point, Jalan Ir. H. Djuanda No. 46 Bandung, semakin memanas setelah panitia memberikan tantangan untuk mengonsep produk media masing-masing kelompok sebagai wujud hasil pelatihan selama 4 hari.

Dari nama subdomain, ciri khas blog, logo, dan konten tulisan sesuai tema yang diberikan oleh panita, konten multimedia, hingga developing website kelompok. Sebelumnya, peserta telah mendapat pembekalan sesuai bidang masing-masing (Blogger, IT, dan DKV). Mentor pembelakan Blogger, Abdul Malik menekankan analisis Hoax, kata-kata yang sering diselipkan sebagai bentuk propaganda, dan penekanan bahwa Blogger merupakan otak dari tim redaksi.

Setelah mendapatkan pembekalan dibidang masing-masing, peserta kemudian dikumpulkan kembali dalam satu kelompok untuk membentuk kepengurusan redaksi mulai dari pimpinan redaksi, sekretaris, bendahara, tim IT, tim Penulis, dan tim DKV. (Aprillia Eka)

 

Penulis: Aprilia Eka

Editor: Damae